TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Kiat Khusus Mempertahankan Berat Badan Setelah Sukses Diet

20/02/2019 - 04:13 | Views: 23.33k
ILUSTRASI - Tubuh Langsing Setelah Sukses Diet. (FOTO: Pancarkan Pesonamu)

TIMESMALANG, JAKARTA – Bagi sebagian orang melakukan diet adalah hal yang mudah dilakukan. Namun, untuk mempertahankan berat badan setelah berhasil diet itu yang susah. Banyak yang kembali mengalami kenaikan berat badan usai berhasil menjalankan diet. Anda tak ingin mengalami hal tersebut? Berikut ini kiat khusus agar berat badan tidak naik setelah sukses diet.

1. Melakukan olahraga secara rutin

Saat sedang menjalankan diet, kita biasanya mengimbanginya dengan olahraga yang cukup intens. Nah, dengan melakukan olahraga ini tubuh akan semakin mudah menggunakan lemak sebagai energi. Setelah diet selesai, jangan menghentikan olahraga yang dilakukan agar tubuh tidak kembali menjadi pasif dan metabolisme berjalan dengan lancar.

Olahraga dilakukan setiap hari, tidak hanya karena penurunan berat badan saja. Dengan melakukan olahraga, bentuk tubuh akan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Anda yang ingin membangun otot juga bisa terus berolahraga diimbangi dengan makan yang benar dan menggunakan suplemen kalau dibutuhkan.

2. Mengonsumsi lebih banyak protein dan minim karbohidrat

Konsumsi lebih banyak protein setiap harinya. Mengapa harus protein? Karena dengan protein, tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme yang cukup cepat. Otot juga akan terbantu untuk melakukan sintetis dan menghindari terjadinya kehilangan otot dalam jumlah banyak saat kita melakukan defisit kalori.

Selanjutnya hindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan. Kita masih bisa mengonsumsi karbohidrat, tapi jumlahnya terbatas. Misal dalam sehari hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks dari nasi saja. Selebihnya menggunakan karbohidrat komplek dari sayuran atau buah.

3. Mengecek berat badan secara rutin

Lakukan pengecekan berat badan secara rutin. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya kenaikan berat badan. Biasanya naik atau turun sebesar 1-2 kg saja tidak masalah. Namun, kalau terjadi perubahan cukup banyak misal naik 3-4 kg, berarti sedang ada yang salah dengan tubuh.

Selain menggunakan timbangan, ada baiknya Anda juga menggunakan meteran untuk mengukur lingkar perut dan leher. Terkadang kalau Anda sering ke gym, berat badan bisa naik, tapi yang naik otot, bukan lemak.

4. Angkat beban

Jangan takut untuk melakukan angkat beban meskipun Anda wanita. Dengan angkat beban, metabolisme di dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Selain itu, kemungkinan memiliki berat badan ideal juga semakin besar.

Pada pria mungkin efek angka beban adalah membesarkan otot, tapi pada wanita tidak. Justru tubuh semakin padat dan kemungkinan memiliki timbunan lemak akan rendah karena terpakai setiap hari.

5. Tidur yang cukup dan selalu terhidrasi

Tidur setiap malam dengan durasi sekitar 7-9 jam. Selanjutnya selalu konsumsi 6-8 gelas air setiap harinya. Melakukan dua hal ini akan membuat Anda tidak mengalami lapar berlebihan yang memicu makan tidak terkontrol dan kalori jadi surplus. Tidurlah setiap pukul 22.00 dan jangan banyak begadang.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan agar berat badan tidak naik usai sukses diet. Jika berat badan mulai naik, cobalah cara-cara di atas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search