TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Yuk, Konsumsi Jenis Makanan Sehat Ini untuk Mencegah Kanker

11/02/2019 - 02:13 | Views: 52.19k
Mengkonsumsi brokoli juga bermanfaat untuk mencegah kanker. (FOTO: Thinkstock)

TIMESMALANG, JAKARTA – Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Anda bisa mencegah kanker dengan konsumsi makanan sehat, khususnya buah dan sayur. Kandungan beta-karoten pada sayuran dapat membantu menurunkan risiko kanker. Sedangkan vitamin pada buah, dapat menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari racun.

Berikut ini ada sejumlah makanan yang bisa membantu Anda dalam mencegah dan menurunkan risiko kanker.

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforafan, yaitu senyawa tanaman yang bersifat antikanker. Senyawa sulforafan dapat mengurangi ukuran dan jumlah kanker payudara hingga 75 persen. Sedangkan pada tikus, senyawa tersebut dapat mematikan sel kanker prostat dan mengurangi volume tumor lebih dari 50 persen. Beberapa penelitian pun mengatakan, rutin mengonsumsi brokoli dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

2. Wortel

Sebuah studi melaporkan, rutin mengonsumsi wortel dapat mengurangi risiko kanker lambung hingga 26 persen. Sedangkan pada kanker prostat, wortel dapat menurunkan risikonya hingga 18 persen. Dilansir Healthline, perokok yang tidak memasukkan wortel ke dalam menu hariannya berisiko tiga kali lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru ketimbang perokok yang mengonsumsi wortel.

3. Buah Berri

Mulai dari blueberry, stroberi, raspberry, hingga bilberry, semuanya mengandung antosianin yang tinggi. Antosianin adalah pigmen tanaman yang bersifat antioksidan sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Dalam sebuah studi, 25 orang yang menderita kanker kolorektal diobati dengan ekstrak bilberry selama tujuh hari. Hasilnya, pertumbuhan sel kankernya menurun sebanyak 7 persen. Selain itu, buah beri juga bereaksi positif terhadap penurunan pertumbuhan sel kanker mulut.

4. Kunyit

Bahan aktif kurkumin dalam kunyit merupakan senyawa yang bersifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker. Dalam sebuah penelitian, pasien yang memiliki lesi di usus yang berisiko menjadi kanker, diberikan 4 gram kurkumin setiap hari. Dan hasilnya, setelah 30 hari, jumlah lesi di usus mereka berkurang sebanyak 40 persen. Selain itu, kurkumin juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker paru, payudara, dan prostat.

5. Buah Citrus

Aneka jeruk, seperti lemon, limau, dan jeruk bali dapat menurunkan risiko kanker saluran pencernaan dan saluran pernapasan atas. Tinjauan dari 14 studi mengungkap, mengonsumsi tiga porsi buah jeruk per minggu dapat mengurangi risiko kanker lambung sebesar 28 persen. Namun ingat, bagi Anda memiliki permasalahan lambung, jangan konsumsi buah tersebut dalam keadaan perut kosong.

6. Tomat

Likopen adalah senyawa antikanker yang ditemukan dalam tomat dan memberinya warna merah. Beberapa penelitian pun telah menemukan, meningkatkan asupan likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat. Khusus kaum adam, sertakan satu atau dua porsi tomat dalam diet harian Anda sehingga Anda bisa terhindar dari kanker tersebut.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa mencegah kanker. Jika Anda memperbanyak asupan sayur dan buah, kualitas kesehatan yang dimiliki pasti jauh lebih baik. Meski begitu, jangan lupa untuk mencuci dulu sayuran dan buah yang hendak Anda konsumsi supaya bakteri jahatnya bisa hilang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search