TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

PKL Sudiro Sementara Ditempatkan di GOR Ganesha

06/12/2018 - 19:48 | Views: 1.41k
Para pedagang kaki lima saat mengemasi barang-barangnya dari lokasi eksekusi. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, BATU – Tujuh puluh delapan Pedagang Kaki lima (PKL) yang terusir dari lahan relokasi Sudiro pasca eksekusi tanah oleh Pengadilan Negeri Malang akan ditempatkan di seputar GOR Ganesha sebelah Selatan.

Keputusan itu diambil pasca kunjungan mendadak yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso serta hasil rapat koordinasi membahas masalah terusirnya PKL dari lahan relokasi.

pedagang-kaki-lima-batu-2.jpg

"Rencananya, para PKL akan kita tempatkan di sekitar GOR Ganesha (sisi Barat Alun-Alun Kota Batu). Nanti akan kita tata mereka di samping dan sekitaran GOR Ganesha," kata Punjul.

Selain itu Pemkot juga akan mengkomunikasikan penggunaan lahan relokasi PKL ini dengan pemiliknya yang baru, Linawati Hidajanto. Akan diupayakan agar area tersebut tetap bisa digunakan oleh PKL.

Pemkot akan menyewa lahan tersebut kepada Linawati hingga Pemkot memiliki lahan sendiri yang representatif untuk PKL.

Upaya yang dilakukan Pemkot ini sesuai dengan harapan para PKL. Para PKL menginginkan agar Jl. Sudiro dan Jl. WR Supratman tetap menjadi kawasan khusus PKL. Karena mereka masih ingin bisa menjajakan dagangannya di kawasan tersebut.

"Jika tetap menjadi kawasan PKL, kita akan segera memperbarui dan mengurus surat sewa dengan pemilik lahan yang baru," ujar salah satu PKL yang terusir, M. Saiful.

Untuk bisa berdagang di area relokasi Sudiro tersebut para PKL harus membayar uang sewa sebesar Rp 12 juta hingga Rp 25 juta pertahun. Uang tersebut dibayarkan kepada Suprapto (termohon eksekusi) yang mengklaim bahwa lahan tersebut adalah miliknya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu
Copyright © 2018 TIMES Malang
Top

search Search