TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Redam Isu Tsunami, BPBD Kabupaten Malang Turun ke Lapangan Lakukan Sosialisasi

23/07/2019 - 19:22 | Views: 2.23k
BPBD kabupaten Malang saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, MALANG – Berkembangnya isu terkait potensi terjadinya tsunami di pesisir selatan, disikapi oleh BPBD Kabupaten Malang dengan gencar turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Saat sosialisasi kepada masyarakat, BPBD Kabupaten Malang menegaskan, bahwasanya masyarakat tidak perlu khawatirkan terkait berkembangnya isu tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat supaya tidak khawatir. Karena terjadinya gempa dan tsunami, tidak bisa diprediksi. Namun, kewaspadaan tetap diperlukan," ujar Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan kepada TIMES Indonesia, Selasa (23/7/2019).

Dia menjelaskan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah melakukan kajian yang bersumber dari referensi Buku Peta Sumber Gempa 2017 PuSGeN Kemen PUPR menyatakan bahwa gempa megathrus 8,8 SR hanya potensi dan bukan prediksi.

"Supaya informasi itu tidak menjadi keresahan warga yang bertempat tinggal di pesisir wilayah Pantai Selatan, maka kami bersama lembaga-lembaga kebencanaan, melakukan sosialisasi pada warga setempat," tuturnya.

Saat melakukan sosialisasi, pihaknya melibatkan Pokmaswas, relawan, tim SAR dan PMI, supaya disampaikan kepada masyarakat agar tidak resah.

"Kami selalu terjun ke lapangan untuk menyampaikan kebenaran informasi yang secara jelas dan secara utuh," ungkapnya.

Diapun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai informasi hoaks yang sumbernya tidak jelas. Apalagi informasi hoaks itu bertujuan meresahkan warga.

"Terkait informasi yang didapat oleh warga, bisa dikonfirmasi terlebih dahulu kepada kami maupun pihak desa, serta yang berkompeten menyampaikannya," katanya.

Masih kata Bambang, BPBD Kabupaten Malang akan terus melakukan pelatihan kepada masyarakat dengan tujuan supaya tangguh serta dapat mengantisipasi bencana, termasuk tsunami(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search