TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Banyak Terjadi Kecurangan Pemilu, KPU RI Diminta Bertanggungjawab 

18/04/2019 - 20:10 | Views: 28.58k
Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu Dan Demokrasi (SPD) August Mellaz. (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu Dan Demokrasi (SPD) August Mellaz menilai ditemukannya berbagai kecurangan pemilu dan masalah teknis yang mengakibatkan masyarakat tidak bisa melaksanakan hak pilih pada 17 April 2019 adalah, salahsatunya, akibat faktor kelalaian KPU RI dan Bawaslu RI.

Menurutnya, KPU lalai mengawal pelaksanaan pemilu serentak 2019 yang seharusnya berjalan dengan tertib dan menggembirakan bagi rakyat. Dengan membiarkan berbagai kecurangan terjadi dengan minimnya pengawasan dari Bawaslu RI.

"Menurut saya pihak yang harusnya dituding seharusnya KPU, mereka sebagai pengelola teknis tetapi seharusnya masalah ini tidak perlu kalau andai saja Bawaslu nya menjalankan fungsi mereka, untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan dan segera mempersiapkan antisipasi sebelumnya," kata August Mellaz saat ditemui di Upnormal Raden Saleh Cikini, Jakarta pusat, Kamis (18/4/2019).

August Mellaz menegaskan bahwa KPU RI harus bertanggungjawab terhadap cacatnya proses demokrasi 2019. Sebab seharusnya mereka bisa memastikan bahwa ada antisipasi sebelumnya berkait kegaduhan yang terjadi di berbagai daerah tersebut.

Oleh karenanya, dia menyarankan kepada semua pihak-pihak yang sudah merasa dirugikan akibat kecurangan pemilu segera memperoses secara hukum. "Nah demi mempertimbangkan profesionalisme, saya kira kita harus buka opsi mengajukan problem-problem yang ditemukan itu ke MK, agar kegaduhan itu tak terus berlanjut," tegas August Mellaz. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search