TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Ini Klarifikasi KPU Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia

15/04/2019 - 17:19 | Views: 8.73k
Komisioner KPU RI, Ilham Saputra (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengklarifikasi soal pemenuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia 'dijadikan sampah'. Maksudnya, surat suara itu tidak dihitung sebagai hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia.

Kata dia, surat suara tercoblos itu saat ini masih disimpan aman oleh pihak kepolisian Malaysia untuk proses penyelidikan. Saat ini, kepolisian di sana terus melakukan investigasi terkait penemuan suratvsuara tercoblos tersebut.

"Mengklarifikasi, maksudnya bukan sampah, tapi tidak dihitung. Sampai ada hasil investigasi dari Polisi Malaysia dan rekomendasi Bawaslu mengenai temuan surat suara tercoblos tersebut," ujar Ilham saat dihubungi, Senin (15/4/2019).

Sebelumnya, viral video amatir yang memperlihatkan temuan surat suara sudah tercoblos dalam puluhan kantong. Surat suara tampak tercoblos untuk salah satu pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019.

Penyelenggara Pemilu sendiri belum bisa memastikan, surat suara yang dikabarkan tercoblos itu surat suara asli yang dikeluarkan KPU atau bukan.

"Belum bisa memastikan (keaslian surat suara tercoblos) karena akses untuk kita periksa surat suaranya belum kita dapat," tandas Ilham, mengklarifikasi soal surat suara terjoblos di Malaysia 'dijadikan sampah'. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search