TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Elektabilitas Caleg Incumbent Masih Mendominasi Dapil DKI Jakarta

11/02/2019 - 17:38 | Views: 25.88k
Rilis survei Charta Politika di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019). (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Pileg dan Pilpres 2019 akan digelar pada 17 April mendatang. Dari tiga dapil DKI Jakarta, elektabilitas dari caleg incumbent masih mendominasi dibandingkan dengan pendatang baru.

Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan Charta Politika terhadap 800 responden per dapil pada 18-25 Januari lalu. Diketahui dapil DKI Jakarta dibagi menjadi tiga. Yakni dapil I, Jakarta Timur, dapil II, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri, sedangkan dapil III, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

"Elektabilitas calon anggota legislatif masih didominasi nama-nama incumbent di masing-masing daerah pemilihan," ujar Direktur Riset Charta Politika, Muslimin saat rilis hasil survei di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Untuk dapil I, hasil survei menunjukkan tingkat elektabilitas pertama diduduki oleh caleg PKB Imam Nahrawi dengan perolehan 15,1 persen. Kemudian posisi kedua caleg Gerindra Habiburokhman 6,8 persen dan ketiga caleg PAN, Eko Hendro Purnomo dengan 3,8 persen.

Untuk dapil II, posisi pertama dihuni caleg PKS Hidayat Nur Wahid dengan 7,1 persen. Posisi kedua caleg PDIP Eriko Sotarduga dengan 7,0 persen dan posisi ketiga dengan perolehan 6,6 persen yakni caleg Gerindra Biem Triani Benjamin.

Sementara itu, elektabilitas posisi pertama untuk dapil III diisi oleh Charles Honoris dari PDIP dengan 8,6 persen. Disusul caleg PAN Lulung Al dengan 8,0 persen dan posisi ketiga caleg PBB Yusril Ihza Mahendra dengan angka 7,5 persen.

Berdasarkan tiga besar caleg dengan elektabilitas tertinggi di masing-masing dapil tersebut, terlihat  dapil DKI Jakarta masih di dominasi oleh caleg incumbent. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search