TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

TKN: Kasus Novel Baswedan Bukan Pelanggaran HAM

11/01/2019 - 18:20 | Views: 9.84k
Pasangan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESMALANG, JAKARTA – Wakil Ketua TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin,  Jendral (Purn) Moeldoko menilai, kasus penyerangan penyidik senior KPK Novel Baswedan tidak masuk kategori pelanggaran HAM berat. Kata dia, kasus itu merupakan kriminal murni. 

Moeldoko mengatakan itu, menanggapi kekhawatiran sejumlah pihak terkait kesiapan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin jelang debat kandidat perdana yang mengusung tema tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Dalam konteks itu, konteks kriminal murni, hanya persoalannya siapa pelakunya. itu yang jadi persoalan, yang belum ditemukan. Apa itu abuse of power? Bukan, konteksnya di situ," ujar Moeldoko, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Kata dia, pelanggaran HAM berat terjadi karena dua hal, yakni penyalahgunaan kekuasaan dan genosida. Jika melihat dua karakteristik di atas, maka lanjut Moeldoko tidak ada pelanggaran HAM berat yang dilakukan Jokowi. 

Bahkan pihaknya berani berkata, Jokowi merupakan pemimpin yang tidak memiliki catatan buruk terkait HAM.

"Kita inventarisasi dari berbagai langkah-langkah yang telah dilakukan empat tahun pelanggaran HAM seperti apa, apa sih yang terjadi di kepemimpinan beliau tentang pelanggaran HAM," tandas Moeldoko, Wakil Ketua TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta
Copyright © 2019 TIMES Malang
Top

search Search